Cara Mencairkan Dana Asuransi AIA, Begini Tahapannya

Asuransi AIA – Untuk kamu yang menggunakan produk asuransi AIA, berikut ini cara mencairkan dana asuransi AIA.

Banyak nasabah asuransi AIA yang belum paham cara mencairkan dana asuransi AIA, padahal caranya cukup mudah dan telah terinformasikan di situs webnya.

Caranya cukup mudah asalkan semua syarat terpenuhi. Memang beberapa orang masih berpikiran bahwa asuransi AIA menipu lantaran klaim asuransi yang dianggap rumit sehingga dana tidak bisa dicairkan.

Hal ini umumnya terjadi karena nasabah kurang paham mengenai bagaimana prosedur klaim polis AIA dengan tepat.

Berikut ini cara mencairkan dana asuransi AIA dilansir dari aia-financial.co.id.

Cara Mencairkan Dana Asuransi AIA

  1. Nasabah mengajukan dokumen klaim melalui Kantor Pusat AIA /  Agency Officer/ Bancassurance Officer/ Customer Services terdekat 
  2. Setelah dokumen klaim diterima oleh kantor pusat AIA, dokumen tersebut akan diperiksa kembali kelengkapannya, jika tidak lengkap maka akan diinformasikan ke nasabah melalui SMS dan surat dan ditunggu sampai dengan 30 hari kerja. Jika dalam 30 hari kerja nasabah belum melengkapi, maka dokumen klaim akan kami kembalikan melalui Agency Officer/ Bancassurance Officer.
  3. Dokumen klaim yang sudah lengkap akan diproses dan nasabah akan diberitahukan melalui SMS ke nasabah mengenai dokumen klaim telah diterima.
  4. Klaim akan di analisa lebih lanjut oleh tim penilai klaim. Setelah tim menganalisa lebih lanjut maka akan ada keputusan klaim.
  5. Setelah tim penilai melakukan keputusan, maka klaim yang disetujui AIA Financial akan dibayarkan ke nasabah. AIA Financial akan memberitahukan berupa SMS atau surat mengenai keputusan klaim.
  6. Nasabah menerima pembayaran klaim.

*) Klaim yang diajukan dengan informasi data, dokumen yang lengkap dan jelas akan diproses dengan waktu 8 hari kerja untuk klaim kesehatan dan 11 hari kerja untuk klaim meninggal.

Untuk kamu yang tertarik dengan produk asuransi AIA dan berniat mendaftar keanggotaan, berikut ini informasi cara mendaftar dan syarat-syaratnya.

Cara Beli Asuransi Asuransi AIA

Sebelum membeli asuransi AIA, kamu perlu mengetahui apa saja produk yang ditawarkan oleh AIA. AIA memiliki berbagai produk asuransi dengan premi dan manfaat yang berbeda-beda. Oleh karena itu pastikan kamu memilih produk sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Berikut ini cara beli asuransi AIA yang perlu kamu tahu.

  1. Hubungi agen asuransi AIA, lalu tanyakan secara detail mengenai produk asuransi apa saja yang ditawarkan.
  2. Datang langsung ke kantor pusat atau cabang asuransi AIA, lalu tanyakan informasi mengenai produk asuransi.
  3. Setelah menentukan jenis asuransi dan polis, isi formulir dengan data yang benar dan valid lalu sertakan dokumen pelengkap.
  4. Pihak asuransi akan melakukan analisis dan verifikasi data, jika pengajuan disetujui maka polis akan dikirimkan ke calon nasabah untuk dipelajari.
  5. Setelah terjadi kesepakatan mengenai isi polis, calon nasabah dan pihak asuransi melakukan penandatanganan polis.
  6. Nasabah membayar sejumlah premi awal yang disepakati kemudian melanjutkan pembayaran premi sesuai yang dipilih, baik bulanan maupun tahunan.

Syarat Mengajukan Asuransi AIA

Syarat mengajukan asuransi AIA cukup mudah, kamu cukup melengkapi beberapa poin berikut ini:

  1. Usia minimal 18 tahun atau telah menikah
  2. Warga Negara Indonesia
  3. Melengkapi dokumen yang meliputi KTP, kartu keluarga, akta kelahiran, form pengajuan asuransi, serta dokumen lain yang dibutuhkan
  4. Membayar premi awal asuransi

Setelah semua syarat terpenuhi, kamu dapat menghubungi agen asuransi AIA atau datang langsung ke kantor pusat AIA untuk mengajukan asuransi. Pastikan semua persyaratan telah lengkap agar mempermudah proses pengajuan.

Cara Bayar Premi Asuransi AIA

Untuk pembayaran premi asuransi AIA tergantung dari jenis atau produk asuransi yang dibeli. Beberapa metode pembayaran yang dapat digunakan antara lain:

  1. Autodebet dari rekening pribadi ke bank yang ditunjuk oleh pihak asuransi AIA
  2. Autodebet dari kartu kredit atau BCA Card
  3. ATM BCA, ATM CIMB Niaga, atau ATM BII
  4. Setor tunai atau transfer ke rekening AIA

Keunggulan Asuransi AIA

Sebagai asuransi yang kompetitif, asuransi AIA memiliki beberapa keunggulan yang membuatnya semakin dilirik. Berikut ini keunggulan asuransi AIA yang perlu kamu tahu.

  1. Memiliki tingkat solvabilitas 5 kali lipat lebih tinggi yang menjadi bukti bahwa keuangan asuransi AIA sangat kuat. Hal ini memberikan jaminan keamanan dalam pengajuan klaim serta pembayaran tagihan polis.
  2. Terdapat program beli 1 dapat 4 sehingga mampu memberikan proteksi lebih dalam 1 polis. Program ini cocok untuk keluarga yang terdiri dari 2 orang anak.
  3. Pengajuan klaim asuransi yang tergolong cepat, terutama jika seluruh persyaratan dan dokumen terpenuhi.
  4. Premi relatif murah dan terjangkau sehingga dapat dibeli oleh rata-rata masyarakat Indonesia.

Kekurangan Asuransi AIA

Meskipun banyak kelebihan yang dimiliki asuransi AIA, namun asuransi ini juga memiliki kekurangan yang perlu diperhatikan calon nasabah. Beberapa kekurangan asuransi AIA antara lain:

  1. Banyak nasabah yang kecewa dengan hasil investasi asuransi AIA karena tidak sesuai dengan penawaran di awal. Hal ini dikarenakan kinerja buruk investasi dalam 5 tahun terakhir.
  2. Agen kerap tidak menjelaskan secara detail mengenai produk asuransi sehingga membuat nasabah salah paham terhadap produk yang ditawarkan. Kesalahpahaman ini membuat nasabah kecewa hingga menutup polis asuransi.
  3. Produk syariah yang ditawarkan tidak terpisah dengan produk konvensional dalam pengelolaannya, sehingga penempatan dana tercampur. Hal ini menyalahi aturan dalam prinsip syariah.

Untuk mengantisipasi kekurangan ini, sebaiknya kamu mempelajari terlebih dahulu terkait produk asuransi AIA yang akan kamu beli.

Jangan sampai tergiur dengan penjelasan agen asuransi tanpa paham produknya. Pahami bahwa asuransi unit link memang menawarkan proteksi yang dibarengi dengan investasi, sehingga ada kemungkinan nilai akan turun akibat risiko investasi.

Selain itu, tanyakan pada agen asuransi mengenai produk secara mendetail agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Editor: Kurniots